Rasa Lebih Legit, Intip Resep Soto Betawi Ditambah Campuran Susu Disini

Tak lengkap rasanya, apabila berkumpul dengan keluarga tak ditemani dengan hidangan yang berkuah seperti soto betawi. Hidangan yang berasal dari Jakarta ini, memang terkenal dengan rasanya yang gurih dan lezat. Selain itu ciri khas yang dimunculkan oleh soto satu ini ialah sensasi olahan dagingnya yang begitu empuk ketika dikunyah. Kini terdapat varian rasa yang dihadirkan untuk hidangan satu ini. Simak Resep soto betawi dengan tambahan susu berikut ini.

 

Cara Pembuatan Soto Betawi Dengan Tambahan Susu
1. Bahan yang Perlu Dipersiapkan
Sebelum anda membuat hidangan khas Betawi ini, persiapkan terlebih dahulu beberapa bahan diantaranya daging sapi bagian sandung lamur (brisket atau daging rawonan), air, santan dari ½ butir kelapa, susu cair tawar, babat rebus, paru rebus, daun jeruk yang telah dibuang tulangnya, garam, kayu manis, bagian putih serai yang sudah di geprek, cengkeh, lengkuas, minyak, daun salam, daun pandan, gula pasir, pala, dan merica bubuk.

 

Siapkan pula beberapa bahan untuk bumbunya yaitu bawang merah, bawang putih, jahe, dan ketumbar bubuk. Bumbu tersebut silahkan untuk dihaluskan sebagai penyedap makanan. Kemudian siapkan pula beberapa bahan pelengkap untuk resep soto betawi seperti minyak samin, emping goreng, tomat yang dipotong potong, air jeruk nipis, daun bawang yang telah diiris halus, dan bawang merah goreng.


Apabila anda menyukai makanan pedas, maka anda bisa menyiapkan beberapa bahan untuk pembuatan sambal yaitu cabai, bawang merah, garam, dan bawang putih. Tambahkan pula acar timun agar makanan terasa lebih lezat. Semua bahan pelengkap ini digunakan disaat hidangan soto betawi telah siap untuk disajikan. Sementara untuk takarannya sendiri menyesuaikan dengan jumlah orang yang akan memakannya.


2. Cara Pembuatan Soto Betawi
Setelah semua bahan dan bumbu dipersiapkan dengan lengkap, maka selanjutnya ialah tata cara pembuatan dari soto betawi. Pertama tama silahkan untuk merebus air hingga mendidih di panci, kemudian masukkan daging babat dan paru ke dalam air mendidih tersebut. Tambahkan pula jahe yang telah digeprek, daun pandan yang diikat simpul, serta daun salam. Rebus daging pada resep soto betawi ini hingga benar benar empuk.


Jika sudah empuk, selanjutnya tiriskan air rebusan tersebut dan cuci bersih babat dan paru kemudian potong kotak kotak. Lalu didihkan air yang baru dan rebus daging sandung lamur sampai matang. Apabila sudah matang, silahkan potong daging tersebut kecil kecil agar bisa masuk dalam satu suapan. Perlu diingat untuk kaldu daging hasil rebusan tersebut jangan dibuang terlebih dahulu.


Saring kaldu tersebut dan rebus kembali bersama daging sandung lamur, babat, dan paru yang sudah anda potong. Selagi menunggu rebusan daging tersebut mendidih, anda bisa memanaskan minyak dan menumis bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya bersama kayu manis, pala bubuk, cengkeh, serai, lengkuas, daun jeruk, dan daun salam hingga memunculkan bau harum.


Apabila sudah tercium bau harumnya, maka tumisan tersebut telah matang. Masukkan tumisan tersebut ke dalam rebusan daging, lalu bumbui dengan garam, merica bubuk, gula pasir, dan santan. Jika sudah anda berikan bahan yang ada di resep soto betawi ini, maka masak hingga bumbu meresap ke daging dan tunggu sampai benar benar empuk. Setelah itu sajikan soto Betawi dalam keadaan masih hangat dengan bahan pelengkap yang telah disediakan. 


Dengan mempraktekkan resep atau tata cara pembuatan soto Betawi diatas, anda juga bisa memberikan beberapa bahan tambahan sesuai selera anda. Sementara untuk takaran tiap bahannya disesuaikan dengan selera orang yang akan memakan hidangan khas Betawi satu ini. Biasanya hidangan ini disajikan untuk melengkapi disaat ada acara atau peringatan keagamaan tertentu.

SHARE

Abang Zaen

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment